Sabtu, 23 April 2016

7 Tempat Menarik di Kabupaten Barru

Waktu liburan panjang memang sungguh indah jika dilewatkan untuk berjalan-jalan bersama teman atau keluarga. Sulawesi Selatan adalah salah satu destinasi wisata favorit di kawasan timur Indonesia. Sulawesi Selatan senantiasa identik dengan Losari, Takabonerate dan Coto Makassar nya. Wah mungkin kita sudah terjebak dengan pola pikir pengunjung kebanyakan. Sulawesi Selatan ya Makassar. Ya Losari. Ya Rotterdam.
Hati-hati jangan terjebak, kita bisa lho memilih Sulawesi Selatan lagi dan lagi sebagai tempat wisata untuk menghabiskan waktu liburan tanpa mendatangi tempat yang sama lagi. Tempat-tempat yang umum didatangi wisatawan dan jangan Tanya seperti apa padatnya saat sedang musim liburan.

7 Tempat Wisata Menarik Di Barru - Sulawesi Selatan
Lain kali ke Sulawesi Selatan, nggak ada salahnya kok kita nyobain pergi berwisata ke Barru.
Barru adalah salah satu kabupaten yang masuk dalam wilayah administrasi Provinsi Sulawesi Selatan. Kabupaten Barru terdiri dari tujuh kecamatan. Barru memiliki ketinggian yang bervariasi daratan rendah dan daratan tingginya sehingga tentulah unik objek-objek wisata yang berada di Barru. Nah mari kita bersiap untuk mengunjungi banyak tempat menarik. Apa saja itu? Siapkan draft catatan dan checklistnya dulu dong.
Jika sudah? Berikut ini wisata di Barru yang bakal bikin kita menyesal kalau nggak menyempatkan diri untuk mampir.

1. Air Terjun Manuba
Air Terjun Manuba

Untuk menuju lokasi kita dapat berkendara selama kira-kira satu jam dengan menggunakan kendaraan pribadi atau 30 kilometer jaraknya dari pusat kota Barru. Air terjun ini terletak di Kec.Soppeng Riaja. Medan yang harus dilewati sangat berat karena terletak di tengah hutan perawan. 
Sesampainya di lokasi, niscaya lelah kita akan menghilang melihat jernihnya air terjun cantik ini. Air terjun ini memang hanya setinggi kurang lebih 30 meter namun nilai eksotisme nya tak berkurang sedikitpun. Tidak ada biaya tiket masuk yang harus dibayarkan jika kita mengunjungi tempat ini.

2. Hutan Pinus Lajoanging

Hutan Pinus Lajoanging

Siapa sangka, Desa Harapan, Tanete Riaja tenyata memiliki pesona yang fantastis. Pohon pohon pinus yang berjejeran membentuk sebuah hutan alami buktinya. Selain itu, disini kamu bisa melihat dua sisi laut Sulawesi Selatan tapi yang paling menarik adalah hutan pinus dan lembah lappa laona yang sangat bersih dan natural.
Jika kamu ingin kesini, pastikan kamu membawa perbekalan yang cukup dan dalam kondisi 100%. Sesampai di perbatasan Soppeng-Barru kamu ambil jalur kanan, jangan lupa untuk bertanya ke penduduk sekitar dimana letak dusun ini. Bahkan jaringan bakal sulit anda temukan, jadi dipastikan tempat ini hanya cocok bagi kamu yang bisa menikmati serunya sensasi nyasar.

3. Pulau Pannikiang
Pulau Pannikiang 

Pulau ini terletak di Desa Madello, kec.Balusu sekitar 15 kilometer dari pusat kota Barru. Untuk mencapai pulau ini kamu bisa menyewa perahu para nelayan di pesisir pantai Takkalasi ataupun pesisir pantai Madello. Nama pulau ini sejatinya berasal dari kata Panning (Kelelawar). Ya, pulau ini memang dipenuhi dengan hewan ini.

Tidak hanya kelelawar, masih banyak spesies burung lainnya yang menetap di pulau eksotis ini. Keberadaan beberapa spesies hewan di pulau Pannikiang merupakan keunikan tersendiri. Wisatawan juga akan disuguhi deretan pegunungan Lavanchu yang melengkapi eksotisme pulau berbentuk S ini.

4. Bukit Teletubbies
Bukit Teletubbies

Ini merupakan destinasi yang masih tergolong baru di kabupaten Barru karena baru terekspose luas tahun 2015. Sebagai daerah yang ber bukit-bukit, puncak seperti ini akan banyak kamu temui di tanah kelahiran I Colliq Pujie ini.
Apa yang istimewa dari tempat wisata di Barru ini? Tempat ini merupakan sebuah bukit, hijaunya alam di siang hari dan aliran sungai bottoe yang jernih menjadi daya tarik tersendiri. Belum lagi ditambah dengan sunset yang eksotis di sebelah barat, tempat wisata baru ini memang benar-benar pantas kamu sambangi. Bahkan dari sini kamu bisa melihat gunung-gunung yang berjejer di Barru dan Soppeng seperti Coppo Tille.

5. Salopuru
Sungai Salopuru

Sungai ini masih terbilang perawan dengan keeksotisannya yang masih alami. Paling indah untuk berkunjung ke air sungai ini saat air sungai tenang. Tak jauh dari lokasi kita dapat menemukan bunga-bunga liar cantik yang tumbuh dengan alami disekitar area aliran sungai ini.
Wisata Alam Barru ini terletak di pelosok kecamatan Pujananting dengan lokasi tersembunyi sehingga pengunjung yang datang tidaklah banyak.

6. Celebes Canyon & Air Terjun Waesai
Celebes Canyon

Air Terjun Waesai


Tentu kamu bertanya kenapa dua tempat wisata di Barru yang berbeda ini dijadikan satu poin. Hal ini karena ketiga destinasi ini letaknya berdekatan. Ya! masih dari Desa Libureng di kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Bahkan kamu bisa berkeliling ketiganya hanya dengan berkendara beberapa menit. Kedua air terjun ini begitu ramai, sehingga dijamin nanti kamu bakalan dapet yang namanya pemandangn yang masih alami. Oh ya! Tempat wisata di Barru ini begitu banyak dikujungi wisatawan lokal dari Barru maupun luar daerah Barru.

7. Puncak Kappire
Puncak Kappire
Satu lagi tempat asik untuk menikmati alam dari ketinggian Barru, Puncak Coppo Kappire namanya. Bagi kamu yang suka blusukan ke tempat-tempat yang jauh dari keramaian, maka tempat wisata di Barru ini benar-benar wajib kamu kunjungi. Letaknya ada di Dusun Pange, Desa Palakka, Kecamatan Barru. Berjarak sekitar 15 km dari tugu 4 payung Kota Barru. Serta bisa ditempuh dalam 30 menit dalam kondisi normal ke desa terakhir sebelum melanjutkan tracking sekitar 2,5 jam dalam kondisi normal.



Bagaimana, sudah siap berpetualang ke 7 tempat wisata di Barru diatas? Pastikan kondisi fisik dan kendaraanmu dalam keadaan prima karena untuk mencapai beberapa destinasi tersebut tak jarang kondisi jalannya kurang bersahabat.

Gambar diatas kami ambil dari akun instagram official admin @balalatrip



9 komentar:

  1. Pengen tau kaya apa sih tempatnya

    BalasHapus
  2. Pengen tau kaya apa sih tempatnya

    BalasHapus
  3. Wow ternyata ad tempat secantik ini d baru sya orang barru tdk tau itu semua

    BalasHapus
  4. Wow ternyata ad tempat secantik ini d baru sya orang barru tdk tau itu semua

    BalasHapus
  5. Makanya pulang kampung bro barru lagi ramai tempat wisatanya

    BalasHapus
  6. Makanya pulang kampung bro barru lagi ramai tempat wisatanya

    BalasHapus
  7. kalau jalur ke puncak coppo tille kec apa dan desa apa bang

    BalasHapus
  8. Bukit pohon jomblo juga bagus

    BalasHapus