Rabu, 02 Maret 2016

Merdeka tapi Bingung

17 Agustus 1945 menjadi awal tongkat pemerintahan negeri ini.  Tepat pukul 08.00 Ir.Soekarno dan Mohammad Hatta membaca proklamasi dilapangan IKADA jln.Pengangsaan Timur. Begitu panjang jalan yang dilewati bangsa ini untuk terlepas dari penjajahan bangsa asing kala itu.  Panas dan dingin mereka hiraukan demi sebuah kemerdekaan hakiki. Pengorbanan mereka tak ternilai oleh materi.

Lantas, apakah kita sudah merdeka? 

Secara de Jure bangsa Indonesia sudah merdeka dari bangsa asing. Itu diperkuat dengan berdirinya pemerintahan secara utuh mulai dari bawah. Namun,  berbicara tentang kenyataan dilapangan,  negeri ini masih jauh dari kata merdeka. Baik dari segi pendidikan maupun perekonomian. Masih banyak anak negeri ini tak mampu mengenyam pendidikan melalui bangku sekolah.  Terkendala biaya pendidikan yang setinggi langit. Begitu pula di bidang perekonomian, pangsa pasar keuangan dan industri kebanyakan dikuasai pihak asing. Bahkan lucunya mata uang bangsa ini masih terpengaruh oleh mata uang bangsa lain.  

Perjuangan kita belum selesai, negeri ini masih butuh suntikan kekuatan dari generasi muda. Kita ketahui bersama negara ini didirikan oleh kalangan intelektual muda.  Bung Karno,  Bung Hatta hingga jend.Soedirman berasal dari kalangan muda. Sudah saatnya sebagai generasi muda terus aktif membangun Indonesia sebagaimana yang dilakukan para pendiri bangsa ini. 

0 komentar:

Posting Komentar