Sabtu, 07 September 2013

Karya Tulis

Seperti yang kita ketahui bahwa manusia adalah mahluk yang tak pernah puas akan mencari dan berkreasi. Kemampuan manusia memiliki potensi fisik untuk berkarya, dimana separuh dari kemampuan itu untuk memahami dan menyimpan data. Kemampuan untuk menyimpan data itu erat kaitannya dengan berkarya.
Selain berkarya manusia memiliki kemampuan untuk berkomunikasi. Kemampuan berkomunikasi dapat dilakukan dengan lisan maupun tulisan. Kemampuan berkomunikasi inilah yang terkadang dilakukan untuk berkarya dan berkreasi.
Pengertian Karya Tulis Ilmiah 
Terdapat beberapa pengertian karya tulis ilmiah diantaranya:
  • Karya Tulis Ilmiah adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memapat hasil penelitian atau pengkajian oleh seseorang atau sebuah tim yang memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan oleh masyarakat yang berilmu. 
  • Karya Tulis Ilmiah adalah sebuah karangan yang mengedepankan hasil penelitian, pengamatan dan laporan seorang penulis dalam membuat sebuah karya tulisan.
Jenis-jenis Karya Tulis 
Karya Tulis Ilmiah terbagi dua yakni karya tulis ilmiah dan non ilmiah.
a. Karya Tulis Ilmiah
Karya tulis ilmiah adalah sebuah karangan yang berisi gagasan ilmiah yang disusun dari pengamatan dan penelitian secara ilmiah yang dipaparkan melalui laporan dengan menggunakan bahasa ilmiah.
Secara Umum karya tulis ilmiah adalah sebuah karya yang berisi mengenai kejadian fakta yang terjadi dilapangan,
b. Karya Tulis Non Ilmiah
Karya Tulis Non Ilmiah adalah sebuah karya yang tidak menyajikan data secara fakta dan tidak mengikuti metologi penulisan yang baik 
Contoh Karya Tulis 
- Karya Tulis Ilmiah
a. Laporan penelitian
b. Skripsi
c. Tesis
d. Disertasi
e. Artikel
-Karya Tulis Non Ilmiah
a. Dongeng
b. Cerpen
c. Drama
d. Novel
Demikianlah Pengertian Karya Tulis, jenis dan contoh karya tulis semoga bermanfaat buat teman-teman pembaca blog ini.
"Jangan pernah merasa gagal ketika anda belum pernah mencoba, Karena perasaan takut gagal itu adalah orang-orang pecundang" Muhammad Alif Abu Bakar.

1 komentar: